I. TUJUAN :
1. Siswa dapat membuat program untuk rangkaian flip-flop dengan 2 push button di Arduino.
2. Siswa dapat merangkai rangkaian flip-flop di protoboard.
II. ALAT DAN BAHAN :
1. Kabel jumper
2. Arduino UNO
3. Protoboard
4. Led 1 buah
5. Resistor 3 buah
6. Push Button 2 buah
7. PC
8. Aplikasi Arduino IDE
III. DISKRIPSI TUGAS :
1. Membuat flip-flop menggunakan 2 push button, PB1 menghidupkan flip-flop dan PB2 mematikan flip-flop.
2. Program dibuat dengan 3 void .
IV. CARA KERJA :
1. Buat rangkaiannya di protoboard seperti di bawah ini:
a.Kabel Merah +5v Dihubungkan ke Board
b.Kabel Hitam Ground Dihubungkan Ke board
c.Kabel Kuning Pin 13 Arduino dihubungkan ke Pin Positif Led
d.Pin Negatif Led Dihubungkan Resistor melalui Arus Pin Ground
e.Kaki Kiri Button1 Dihubungkan ke Arus Pin Ground
f. Kaki Kanan Button1 dihubungkan ke Pin 2 Arduno
g.Kaki Kanan Button1 Dihubungkan Ke Resistor Melalui Arus Pin Ground
h.Kaki Kiri Button2 Dihubungkan Ke Arus Pin Ground
i.Kaki Kanan Button2 Dihubungkan ke Pin 3 Arduino
j.Kaki Kanan Button2 Dihubungkan Ke Resistor Melalui Arus Pin Ground
2. Buka Aduino IDE
3. Klik pada tab tool -> Board -> Arduino/Genuino Uno
4. Klik pada tab tool -> Port -> COM3 (sesui dengan port Arduino yang tedeteksi)
5. Isikan kode program berikut :
int led = 13;
int button1 = 2;
int button2 = 4 ;
int buttonstate = 0; //kondisi awal tombol
void setup() {
pinMode(led,OUTPUT);
pinMode(button1,INPUT);
pinMode(button2,INPUT);
}
void flip() {
ulang:
digitalWrite(led,HIGH);
delay (250);
if (digitalRead(button2) == HIGH) { //jika tombol 2 ditekan
digitalWrite(led,LOW);
loop();
}
delay (250);
if (digitalRead(button2) == HIGH) { //jika tombol 2 ditekan
digitalWrite(led,LOW);
loop();
}
digitalWrite(led,LOW);
delay (200);
if (digitalRead(button2) == HIGH) { //jika tombol 2 ditekan
digitalWrite(led,LOW);
loop();
}
goto ulang;
}
void loop() {
ul:
if (digitalRead(button1) == HIGH){ //jika tombol 1 ditekan
flip();
}
goto ul;
}
6. Upload ke Arduino
V. HASIL KERJA :
VI. KESELAMATAN KERJA :
1. Menggunakan atribut dengan lengkap.
2. Tidak boleh membawa makanan dan minuman ke Lab Komputer.
3. Konsentrasi saat praktik
4. Mematuhi peraturan bengkel dengan baik.
5. Menjaga kebersihan bengkel
VII. KESIMPULAN :
Dalam praktek kali ini , siswa dapat membuat rangkaian flip-flop dengan 2 push button dengan baik dan benar.
Klaten, 11 januari 2017
Guru Pembimbing Peserta Didik
( Y. Prasetya Adi N, ST) ( MarcellinusAxelle Redo A.)
V. HASIL KERJA :
VI. KESELAMATAN KERJA :
1. Menggunakan atribut dengan lengkap.
2. Tidak boleh membawa makanan dan minuman ke Lab Komputer.
3. Konsentrasi saat praktik
4. Mematuhi peraturan bengkel dengan baik.
5. Menjaga kebersihan bengkel
VII. KESIMPULAN :
Dalam praktek kali ini , siswa dapat membuat rangkaian flip-flop dengan 2 push button dengan baik dan benar.
Klaten, 11 januari 2017
Guru Pembimbing Peserta Didik
( Y. Prasetya Adi N, ST) ( MarcellinusAxelle Redo A.)
0 komentar:
Posting Komentar